An-Nisaa', Fatwa Ulama, Seputar Wanita

Hukum Wanita keluar rumah memakai parfum


Inilah kebiasaan yang menjadi fenomena umum di kalangan wanita. Keluar rumah dengan menggunakan parfum yang wanginya menjelajahi segala ruang. Hal yang menjadikan laki-laki lebih tergoda karena umpan wewangian yang manghampirinya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam amat keras mamperingatkan masalah tersebut. Beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :“Perempuan manapun yang menggunakan parfum kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya maka dia seorang pezina” (HR Ahmad, 4/418; shahihul jam’: 105)

Sebagian wanita melalaikan dan meremehkan masalah ini, sehingga dengan sembarangan memakai parfum. Tak peduli di sampingnya ada sopir, penjual, saptam, atau orang lain yang tak mustahil akan tergoda.

Dari Abu hurairah : “Bahwa seorang wanita berpapasan dengannya dan bau wewangian (parfum) menerpanya.Maka Abu Hurairah berkata:”Wahai hamba Allah! apakah kamu hendak kemasjid?”ia menjawab:”Ya!” Abu Hurairah kemudian berkata lagi:”Pulanglah saja, lalu mandilah! karena sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:”Jika seorang wanita keluar menuju masjid sedangkan bau wewangiannya menghembus maka Allah tidak menerima shalatnya, sehingga ia pulang lagi menuju rumahnya lalu mandi (baru kemudian shalat kemasjid” {Hadits shahih, dikeluarkan oleh Al-baihaqi (III/133 dan 246) lihat silsilah Hadits Shahihah Syaikh Albani 3/1031)

Dalam masalah ini, syariat Islam amat keras. Perempuan yang telah terlanjur memakai parfum jika hendak keluar rumah ia di wajibkan mandi terlebih dahulu seperti mandi jinabat, meskipun tujuan keluarnya ke masjid. Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

“Perempuan manapun yang memakai parfum kemudian keluar ke masjid (dengan tujuan) agar wanginya tercium orang lain maka shalatnya tidak diterima sehingga ia mandi sebagaimana mandi jinabat” (HR Ahmad2/444, shahihul jam’ :2073.)

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak kita, kalau memakai parfum haram hukumnya (ketika keluar rumah) lalu bagaimana mengatasi bau badan kita???tentunya kita akan malu dan tidak percaya diri berdekatan dengan teman-teman di kampus, sekolah, rumah sakit dan sebagainya.

Bagaimana ini???ukhti-ukhti jangan khawatir sekarang ini banyak produk yang dijual dipasaran untuk mengatasi masalah tersebut.Dari yang berbentuk bubuk sampai cairpun dijual bebas.Pilihlah yang tidak memakai wewangian (fragarance free),apalagi kalau ukhti rajin minum jamu maka tidaklah sulit untuk mengatasi masalah “bau badan ini” dengan rajin mandi, minum jamu dan memakai produk khusus untuk mengatasi “bau badan” maka insya Allah kita akan terhindar dari bau yang tidak menyenangkan itu.

Sehingga kita tidak akan bergantung lagi dengan parfum , bila ukhti dirumah maka islam tidak melarang seorang wanita muslimah memakainya, kita bebas memakainya asalkan kita yakin parfum itu tidak akan tercium oleh laki-laki yang bukan mahram kita.jadi kita nggak mau kan terjerumus dalam kesalahan fatal (dosa) hanya gara-gara dari setetes parfum yang kita pakai ketika keluar rumah.

Setelah berbagai peringatan kita sampaikan, akhirnya kita hanya bisa mengadu kepada Allah soal para wanita yang memakai parfum dalam pesta dan berbagai pertemuan yang diselenggarakan. Bahkan parfum yang wanginya menyengat hidung itu tak saja digunakan dalam waktu-waktu khusus, tetapi mereka gunakan di pasar-pasar di kendaraan dan di pertemuan-pertemuan umum hingga di masjid-masjid pada malam-malam bulan suci Ramadhan.

Kita memohon kepada Allah, semoga Ia tidak murka kepada kita, semoga tidak menghukum orang-orang shalih baik laki-laki maupun perempuan dengan sebab dosa orang-orang bodoh dan semoga menunjuki kita semua ke jalan yang lurus.

About these ads

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

8 thoughts on “Hukum Wanita keluar rumah memakai parfum

  1. assalamu alaikum
    bagaimana jk seorg wanita itu dalam keadaan bau yg krg enak sehingga menggunakan pafrum, misalnya sehabis pelajaran olahraga??
    agar tidak mengganggu konsentrasi belajar jg,,

    Posted by Nita | Selasa, Juni 17, 2008, 12:03 pm
  2. “Syariat Islam memberi batasan, parfum wanita muslimah adalah yang tampak warnanya dan tidak keras semerbak wanginya”

    Dari mana asalnya pernyataan ini?

    Mohon bisa disebutkan dalilnya.

    Jazakallohu khair.

    Posted by Cah Gaptek | Minggu, Desember 11, 2011, 7:46 am
  3. maaf, fatwa darimana ada parfum yang halal bagi wanita asalkan sebagaimana yang tertera?
    setahu saya hanya halal bagi suaminya saja.

    Posted by THE DRIJI | Selasa, Januari 3, 2012, 9:57 am
  4. ‘Afwan buat semuanya terkait pertanyaan tentang dibolehkan wanita memakai parfum : tampak warnanya dan tidak semerbak- telah diralat. Terkait kesalahan ana disebabkan karena ana dulu belum berilmu tapi bukan berarti sekarang berilmu. Alhamdulillah sudah dapat ilmu tentang masalah parfum sehingga artikel diatas sudah mengalami perbaikan. ‘Afwan buat semuanya..

    Pesen buat ana dan antum semua: Agama adalah dalil. Mari kita belajar ilmu agama berdasarkan dalil baik Al-qur’an, sunnah dan pemahaman para sahabat.

    Jazakalloh buat cah gaptek dan the driji yang memberi pertanyaan itu sehingga ana bisa mengoreksi kembali tulisan2 ana. Jika ada artikel yang salah dan menyalahi dalil dan penjelasan ulama, mohon koreksi dan nasihatnya.

    Posted by Admin | Selasa, Januari 3, 2012, 12:37 pm
  5. Subhanallah.,
    smoga kt dpt saling menasehati sesama muslim

    Posted by Adesyahputra | Senin, Juni 11, 2012, 11:10 pm
  6. Semoga Ukhti2 skalian dpt meninggalkn yg namanya memakai parfum.

    Posted by Adesyahputra | Senin, Juni 11, 2012, 11:14 pm
  7. Salam Kenal, terima kasih informasi diatas yang sangat menarik dan bermanfaat. Dari http://rumahparfumkita.blogspot.com/

    Posted by Rumah Parfum Kita | Kamis, Maret 27, 2014, 2:14 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 78 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: