Adab, Akhlak,dan Nasihat, Tazkiyatun Nufus

Camkanlah Hadits-Hadits berikut ini


Tidak akan datang hari kiamat sehingga orang-orang Islam memerangi dan membunuh orang-orang yahudi. (riwayat Muslim).

Barangsiapa berperang dengan tujuan agar agama Allah berjaya di dunia, maka ia berperang di jalan Allah. (riwayat Bukhari).

Barangsiapa mencari keridhaan manusia dengan perbuatan yang dimurkai Allah, maka Allah akan membiarkan dan menyerahkan orang itu kepada mereka. (riwayat Turmudzi).

Barangsiapa meninggal dalam keadaan musyrik maka ia akan masuk neraka. (riwayat Bukhari).

Barangsiapa menyembunyikan ilmunya maka Allah akan memasang sumbu api pada dirinya. (riwayat Ahmad).

Barangsiapa bermain gundu (sejenis judi) maka seakan-akan ia telah mencelupkan tangannya ke dalam daging dan darah babi. (riwayat Muslim).

Bermula Islam itu asing dan kelak akan kembali asing seperti semula. Maka berbahagialah orang-orang yang asing, yaitu orang yang melestarikan sunnahku yang sudah dirusak oleh manusia. (riwayat Muslim dan Turmudzi).

Maka berbahagialah orang-orang yang asing, yaitu orang-orag yang shaleh yang hidup di tengah orang banyak yang busuk perangainya, di mana orang yang menyalahi mereka lebih banyak daripada orang yang menuruti mereka. (riwayat Ahmad).

Tidak boleh taat kepada pemimpin dalam hal ma’siat kepada Allah karena kewajiban taat hanya dalam urusan yang baik. (riwayat Bukhari).

Tanda-tanda orang munafik ada tiga yaitu, apabila berbicara ia bohong, apabila berjanji ia ingkar, dan apabila diberi amanat ia khianat. (riwayat Buhari Muslim).

KERJAKANLAH APA YANG DIAJARKAN

RASULULLOH SHALLALLAHU’ALAIHI WASALLAM KEPADAMU

Allah melaknat wanita yang mencabut rambut alis mata dan wanita yang meminta dicabuti rambut aslinya yang mengubah ciptaan Allah. (hadits muttafaq alaih).

Wanita yang berpakaian tapi sebenarnya telanjang untuk mencari perhatian laki-laki, yang melenggok-lenggokkan tubuhnya, yang kepalanya seperti punuk unta, mereka itu tidak akan masuk surga. (riwayat Hakim).

Bertakwalah kepada Allah dan ambillah yang baik dalam mencari rezki (ambil yang halal dan tinggalkan yang haram). (riwayat Muslim).

Pelankanlah suaramu dalam berzikir dan berdo’a,karena kamu tidak memohon kepada Tuhan yang tuli dan tidak ada. (riwayat Muslim).

Orang yang paling pedih musibahnya di dunia ini ialah para Nabi kemudian orang-orang shaleh. (riwayat Ibnu Majah).

Sambunglah kembali persaudaraanmu terhadap orang yang memutuskan hubungan denganmu, berbuat baiklah kepada orang yang berbuat buruk terhadapmu dan katakanlah yang hak itu sekalipun akan merugikan dirimu sendiri. (riwayat Ibnu An-Najjar).

Celakalah orang yang memperbudak dirinya kepada uang dan harta. Apabila ia diberi harta ia puas dan apabila tidak diberi ia mengeluh. (riwayat Bukhari).

Maukah kamu saya beri tahu tentang sesuatu yang apabila kamu kerjakan kamu akan saling menyayangi? Budayakanlah ucapan salam di antaramu. (riwayat Muslim).

Hiduplah kamu di dunia ini seperti orang asing atau orang yang sedang mengadakan perjalanan. (riwayat Muslim).

Barangsiapa mencari keredhaan Allah dengan resiko ia akan dibenci oleh manusia, Allah akan memberi kecukupan kepadanya dari segala kebutuhannya kepada manusia.

Janganlah seseorang menyuruh berdiri orang lain kemudian ia duduk di tempat orang itu, tetapi perluaslah tempat duduk itu (dibuatkan lowongan) sehingga ia dapat duduk tanpa memindahkan orang lain. (riwayat Muslim).

Apa yang memabukkah jika banyak, maka sedikitnya pun adalah haram hukumnya. (shahih, riwayat Abu Daud dan periwayat lainnya).

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

4 thoughts on “Camkanlah Hadits-Hadits berikut ini

  1. Assalamualaikum, mohon izin untuk download free e_book. Jazakumulloh khoiron katsiroon

    Posted by wahyu wardian | Sabtu, Mei 10, 2008, 6:23 am
  2. Wa’alaykumussalaam warahmatullah,
    tafadhol akh, semoga bermanfaat

    Posted by abdul aziz | Sabtu, Mei 10, 2008, 10:19 am
  3. Syukron atas ebooknya

    Posted by abu ihsan syamil | Jumat, Juni 10, 2011, 5:31 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: