Tazkiyatun Nufus

Awas Tipu Daya Setan (Bag 1)


Iblis terlaknat sejak dikeluarkan dari surga hingga sekarang ini tidak mempunyai pekerjaan lain selain menyesatkan dan membuat manusia menyimpang. Pengalaman yang sangat panjang itu tentu menjadikan dirinya sangat mahir dalam menyesatkan manusia.

Diantara berbagai macam tipu daya setan sebagai berikut:

Menjadikan sesuatu yang batil nampak baik atau indah

Kebatilan mempunyai bentuk yang sangat buruk dan nama yang sangat menjijikkan. Oleh karena itu, setan berusaha untuk menutup kebatilan tersebut dengan penutup yang indah serta memakaikan kepadanya pakaian yang baik. Kemudian dengan menggunakan kebatilan yang sudah dihiasi tadi, setan menyesatkan manusia. Kita dapat mengetahuihal tersebut dari perkataan setan sendiri tatkala dia berkata kepada Tuhannya:

“ya Rabbku, karena Engkau telah menetapkan aku sesat, maka aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan psti aku akan menyesatkan mereka semuanya.”(Al Hijr:39)

Dari ayat di atas terlihat, cara setan menyesatkan manusia adalah menjadikan jebatilan nampak baik terlebih dahulu, baru kemudian menyesatkan manusia.

Ibnul Qayyim Rahimahullah Ta’ala berkata,”Termasuk salah satu cara setan menyesatkan manusia adalah memperdaya akal manusia hingga akal tersebut terkena tipu dayanya. Tidak ada seorangpun yang mampu selamat dari tipu dayanya melainkan orang-orang yang dikehendaki oleh Allah. Setan juga berusaha menjauhkan seseorang berbuat kebaikan dengan cara menggambarkan perbuatan baik tersebut sebagai perbuatan buruk. La haula wa la quwwata illa billah. Betapa banyak manusia yang tertipu dengan tipuan setan ini! Betapa banyak manusia yang hatinya tersekat sehingga ilam, iman dan ihsan tidak bisa masuk ke dalam dirinya disebabkan tipuan setan ini! Betapa banyak kebatilan yang dibungkus dalam bentuk yang indah! Betapa banyak kebenaran yang ditampakkan dalam bentuk keburukan! Betapa banyak kepalsuan yang dihias sehingga hanya akan diketahui oleh orang yg cermat! Setan terus-menerus berusaha memperdaya akal manusia sehingga pemiliknya memperturutkan hawa nafsu, mempunyai pemikiran yang menyimpang, menempuh jalan-jalan kesesatan, serta terbenam dalam lumpur kebinasaan. Setan menjadikan menyembah patung-patung, memutus tali silaturrahmi, mengubur anak wanita hidup-hidup dan menikahi ibu nampak indah dalam pandangan manusia.

Setan juga menjanjikan surga kepada orang-orang yang melakukan perbuatan kekafiran, kefasikan dan kemaksiatan. Setan menampakkan perbuatan syirik sebagai bentuk pengagungan kepada Allah yang sebenarnya. Setan menampakkan perbuatan kekafiran terhadap sifat-sifat Allah Ta’ala dan kelancangan kepada kitab-Nya sebagai bentuk penyucian Allah Ta’ala(dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya). Setan juga menampakkan perbuatan meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar sebagai bentuk kasih sayang kepada manusia, atau merupakan akhlak yang baik kepada mereka. Setab juga menampakkan perbuatan berpaling dari ajaran Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam sebagai bentuk peneladanan kepada para pendahulu beliau.

Iklan

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

One thought on “Awas Tipu Daya Setan (Bag 1)

  1. Subhanallah… secara tidak kita sadari ternyata setan menghiasi berbagai hal agar memikat hati manusia, dan setelah itu setam membenamkan hat-hati manusia dalam syubhat yang tampak baik oleh mata, hati, maupun telinga.

    Semoga kita termasuk ke dalam golongan yang dikasihi oleh Allah Ta’ala yang dilindungi dari tipu daya setan-setan tersebut (baik dari kalangan jin maupun manusia)

    Posted by rismaka | Rabu, Oktober 22, 2008, 10:50 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: