Keluarga Bahagia

Kenapa Takut Menikah Saat Kuliah?


kenapatakutMeskipun  sudah  banyak anak muda yang memutuskan  untuk menikah saat masih  kuliah,  namun ternyata tak sedikit pula  yang  takut  untuk mengambil keputusan ini. Takut tidak bisa mencukupi  kebutuhan  keluarga  kelak, juga takut bila nanti kuliahnya malah berantakan.  Tak  jarang,  orangtua pun  ikut andil dalam memperbesar ketakutan itu. Mereka khawatir, jika sampai menikah saat kuliah, anaknya kelak  akan  batal menjadi  sarjana, dan suram masa depannya.

Sebenarnya, sudah banyak yang membuktikan bisa tetap sukses walaupun menikah  saat masih kuliah. Mereka  itulah  yang  bisa membagi waktu sebaik-baiknya, antara kuliah dan  keluarganya.  Jika  ada  yang gagal menyelesaikan kuliah  setelah menikah, maka itu perlu dicari akar masalahnya. Mungkin  saja  hal  itu terjadi karena kekurangsiapan salah satu  pihak  atau  keduanya,  dalam menyelami  bahtera  rumah  tangga. Memang  setelah  berumah  tangga, masalah  yang  dihadapi  pasangan suami istri akan lebih kompleks, bila dibandingkan  saat belum menikah. Apalagi  setelah  ada  buah  hati  di tengah mereka. Namun  sekali  lagi, bukan berarti keputusan untuk menikah saat kuliah itu salah. Apalagi jika hal  itu didasari niat untuk menjaga kehormatan diri dan menyempurnakan separuh agama. Yang pasti, agar menikah  dan  kuliah  bisa  berjalan seiring, memang harus ada kesiapan mental kedua belah pihak, juga harus ada  saling  pengertian.  Selain  itu, meski masih kuliah, pihak lelaki pun tidak boleh melupakan kewajibannya untuk memberi nafkah keluarganya. Seorang  suami  harus  jeli melihat peluang  usaha  produktif  yang  bisa menghasilkan, meski ‘disambi’ kuliah. Misalnya dengan berbisnis apa saja yang halal, yang tidak mengganggu aktivitas kuliah. Atau dengan menulis buku, menerima  reparasi  barang-barang elektronik, dan sebagainya.

Daripada  Tergoda  untuk  Ber-zina. Sungguh menyedihkan fenomena pelajar dan mahasiswa saat ini. Mereka banyak yang  tergelincir dalam memperturutkan  nafsu  syahwat. Pacaran dan berzina sudah menjadi “menu”  sehari-hari  yang  dilakukan tanpa  rasa  bersalah,  tanpa  takut adzab  Allah.  Padahal  semua  itu adalah kemaksiatan yang nyata.

Orang  tua  pun,  kadang  baru mau menikahkan  anaknya,  setelah putrinya  kebobolan,  hamil  di  luar nikah. Padahal, menikahkan wanita yang sedang hamil, juga perlu dipertanyakan keabsahannya.

Bukankah lebih baik, bila godaan syahwat  sudah  begitu  hebat,  seorang  pemuda  atau  pemudi  segera menikah?  Tidak  perlu menunggu hingga selesai kuliah, karena dalam masa menunggu itu, terdapat banyak godaan membentang di depan mata. Bila  tak kuat,  terjerumuslah dirinya dalam zina.

Teruntuk Seseorang dimanapun ia berada

Iklan

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

16 thoughts on “Kenapa Takut Menikah Saat Kuliah?

  1. cuit…cuit…
    kalimat terakhir itu lho…

    btw, tentu saja kuliah tak menghalangi utk menikah. kesiapan utk menikah tentu kembali pada ‘mampu’ atau tidak. bukan hanya kemampuan secara biologis, namun juga kemampuan utk memenuhi nafkah hidup is3 dan keluarga.
    is3 saya jg masih kuliah. namun kami tetap menikah. insyaAlloh saya siap menghidupi is3 saya.
    saya setuju jika seorang pemuda/pemudi segera menikah jika telah siap (kembali ke hadist nabi ttg definisi siap), apalagi memang di jaman skrg banyak sekali godaan.
    kadang tanpa terasa, canda kita lewat sms maupun telp, justru membuat godaan cinta makin merasuk. hati2 wahai saudaraku…[sok tua mode ON]
    :mrgreen:

    Posted by bayu200687 | Kamis, Desember 18, 2008, 4:40 pm
  2. benar yaa…akhi.hmm…antum ngomong apaan..!!!nggak jelas..hehe..

    Posted by abdul aziz | Kamis, Desember 18, 2008, 9:41 pm
  3. asslamualikum

    menikah pada saat kuliah memang sebuah keharusan bagi mereka yg mampu dalam hal finansial dan udh ngak mampu nahan nafsu yg menggeloran akibat tikaman penggoda kanan kiri, atas bawah, puasa juga udh ngk mumpan sehingga ditakutkan tidak kuat menahan nafsu ahirnya kebablasan deh.. solusinya apa ya ak…?

    Posted by abuzak | Jumat, Desember 19, 2008, 11:20 am
  4. saya sih nda takut (insya Allah), tapi saya rasa waktunya belum tepat

    Posted by Prib | Selasa, Desember 30, 2008, 10:44 pm
  5. gue mau mwnikah tapikan gak ada cewe yang mauuuuuuu ??? he.wew

    Posted by andra74 | Sabtu, Juni 6, 2009, 10:19 am
  6. assalamu’alaikum….lah..nikah pas kuliah…ada gak kalo yang cerita dari yang akhwatnya alias istrinya???soalnya kebanyakan yang bahas ginian tu sisi ikhwan alias suaminya………kan biar tahu kalo dari yang akhwat gimana gt…
    syukron

    Posted by risa | Jumat, Desember 11, 2009, 11:00 pm
  7. wa’alaykumussalaam warohmatulloh..

    insyaalloh..ana akan minta istri ana untuk bercerita coz istri juga masih kuliah..

    Posted by abdul aziz | Senin, Desember 14, 2009, 8:33 pm
  8. syukron jazilan pak…soalnya sy bener2 belum pernah nemuin kalo yang nulis akhwatnya…kan biar jadi referensi bagi akhwat yang (mungkin) masih kuliah terus ada yang mengkhitbah trus nikah…

    Posted by risa | Senin, Desember 14, 2009, 9:09 pm
  9. sekedar informasi buat antum semua-ikhwan dan akhwat. Menikah saat kuliah bukanlah halangan yang sulit. ana dan istri masih kuliah….sekarang umur pernikahan kami hampir 3 bulan dan alhamdulillah janji Alloh benar adanya..tunggu aja cerita dari sisi istri ana..

    Posted by abdul aziz | Selasa, Desember 15, 2009, 10:54 am
  10. subhanallah… hingga saat ini saya dan keluarga belum mampu untuk meyakinkan dia untuk menikahi saya. namun saya dan keluarga hingga saat ini masih terus berusaha meyakinkan dia dalam mengambil keputusan ini.

    banyak hal yanng masih menjadi alasannya untuk belum juga mengambil keputusan menikahi saya saat masih kuliah.

    Posted by nur hayati | Minggu, Januari 17, 2010, 7:56 pm
  11. Ane sedang dekat dengan seorang akhwat dan dia masih kuliah, tak terasa meskipun kami bersepakat untuk saling menjaga, akhirnya terucap juga kata untuk menikah.
    satu permasalahan yang mungkin ane perlukan berbagai sarannya adalah ketika dikembalikan pada pendapat dan izin orang tuanya. Karena kemungkinan besar dia(akhwat) takkan mendapatkan izin orang tuanya untuk menikah dalam masa kulaih. Kiranya berkenan mhon saran dan solusinya untuk kami berdua,,,!(diks_a1988@yahoo.com)

    Posted by DIks | Minggu, April 11, 2010, 11:37 pm
  12. akhi..pernikahan merupakan salah satu syariat dan nikmat yang Alloh berikan kepada hamba2-Nya.jika antum tlah mampu menikah, maka pernikahan jalan yang terbaik. tapi, permasalahan antum sekarang adalah izin ortu akhwat.maka haruslah akhwat melobi ortunya dgn lemah lembut. tapi, jika ortunya masih menginginkan si akhwat tdai utk lanjutin kuliah dulu, maka akhwat tadi harus patuh dan itu merupakan salah satu baktinya kepada ortu. sedangkan untuk antum, harus ikhlas karena masih banyak akhwat lainnya yang juga bersiap menikah bahkan persiapannya lebih matang dgn ridho ortunya..

    Posted by abdul aziz | Senin, April 12, 2010, 4:15 pm
  13. bismillah… tahun depan saya akan menikah… nikah di usia 19 tahun luar biasa ya… saya khawatir dengan bentangan zina… selain itu saya tetap fokus kuliah…
    tolong kasih saya masukan..

    Posted by amhard | Selasa, November 22, 2011, 7:14 pm
  14. bissmillah insyaAllah aku jga mau menyusul kakak. doakan ya smg dimudahkan 🙂 insyaAllah

    Posted by Binti Musthofiyah Munawwaroh | Rabu, Februari 29, 2012, 10:53 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: