Fatwa Ulama, Halal dan Haram, Keluarga Bahagia, Konsultasi, pasutri, rumah tangga, Seputar Wanita, Taman Orang Jatuh Cinta

Suami dan Air Susu Istrinya


Syaikhul islam, Ibnu Taimiyah-rahimahulloh- ditanya tentang seorang laki-laki yang sakit mata, kemudian dia cuci dua matanya dengan air susu istrinya, apakah istrinya menjadi haram baginya bila air susu itu masuk ke perutnya? Dan seorang laki-laki yang karena cintanya kepada istrinya, dia bermain bersamanya, kemudian menyusu pada air susu istrinya, apakah istrinya kemudian menjadi haram baginya?

Jawab:

Segala puji bagi Alloh,

Apabila seorang laki-laki mencuci kedua matanya dengan air susu istrinya, maka hal itu diperbolehkan, dan istrinya tidak haram baginya karena dua hal:

Pertama, Dia sudah dewasa, seorang yang sudah dewasa bila menyusu pada istrinya, atau wanita lain yang bukan istrinya, hal itu tidak menjadikan mahram, saudara persusuan menurut empat imam dan jumhur ulama, sebagaimana yang ditunjukkan oleh al-Kitab dan sunnah.

Sedangkan hadits ‘Aisyah dalam kisah Salim seorang budak Abu Hudzaifah, menurut mereka bersifat khusus dalam hal itu, sebab mereka mengambilnya sebagai anak angkat sebelum ada larangan pengambilan anak angkat (yang dinasabkan).

Kedua, Adanya air susu di mata tidak menjadikan hubungan mahram, dan setahu saya tidak ada perselisihan disini, tetapi para ulama berbeda pendapat jika air susu masuk ke hidung atau mulutnya.

Sedangkan jawaban untuk masalah yang kedua adalah, bahwa menyusu kepada istri tidaklah menjadikan istrinya haram bagi madzab empat imam.

Fiqih Wanita (Kumpulan Fatwa Lengkap Seputar Permasalahan Wanita)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Tahqiq: Muhammad bin Muhammad Amir
Pustaka As-Sunnah

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

Belum ada komentar.

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: