Aqidah dan Manhaj, Halal dan Haram

Waspadailah Film-film Misteri


Diantara musibah yang sedang melanda bumi pertiwi ini adalah krisis aqidah dan krisis moral. Kaum kuffar dengan cerdiknya membius umat islam khususnya di Indonesia dengan berbagai cara agar menyimpang dari rel-rel syar’i. melalui berbagai media, baik cetak maupun elektronik mereka sebarkan virus pendangkal aqidah kaum muslimin. Terutama melalui dunia maya yang bernama internet dan televisi yang setiap harinya menyiarkan sinetron-sinetron yang merusak aqidah kaum muslimin. Tak kalah pentingnya, diantara sinetron dan acara yang sedang marak di televisi adalah film-film yang berbau mistik dan misteri.

Maraknya tayangan film-film misteri ini merupakan bencana besar bagi kaum muslimin karena sudah pasti akan meracuni aqidah penontonnya. Memang betul, keharusan kita adalah percaya tentang hal yang ghaib. Akan tetapi, kalau sampai menayangkan makhluk-makhluk halus yang diserupakan dengan jiwa raga manusia maka ini merupakan musibah besar. Misalnya menganggap bahwa orang yang sudah mati hidup kembali. Apalagi kalau matinya tidak wajar, seperti terbakar, tenggelam, dibunuh orang, atau bunuh diri. Menurut sebagian besar kepercayaan masyarakat, orang yang mati seperti ini bakal jadi arwah gentayangan, lalu mengganggu, menakut-nakuti, sampai mencelakakan orang yang masih hidup. Ini jelas takhayul dan khurafat. Dan ini jelas-jelas menyelisihi firman Alloh ‘Azza wajalla:

Agar aku berbuat amal yang sholih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan. (QS. Al-Mu’minun(23):100)

Roh gentayangan…???

Salah satu sinetron paling marak ditayangkan berhubungan film-film misteri baik dibioskop atau ditelevisi adalah bercerita tentang ruh orang mati yang bergentayangan. Sering kita dengar dan mungkin hamper semua orang mendengar adanya istilah-istilah nyeleneh yang tak dikenal dalam islam seperti pocong, kuntilanak, genderuwo, sundel bolong, dan istilah-istilah lainnya yang menggambarkan sosok roh anak manusia setelah meninggal dunia. Ketahuilah roh orang yang mati tidak akan kembali lagi ke dunia ini karena roh itu berada di alam barzakh (kubur)-alam pembatas antara dunia dan akhirat- sampai datangnya hari kebangkitan.

Sebagaimana Rasululloh Shallaahu’alaihi wasallam bersabda: “Apabila mayit itu dikubur maka datanglah dua malaikat yang hitam dan hijau. Dikatakan bahwa salah satunya munkar dan yang lainnya nakir. Lalu keduanya berkata: ‘Apa yang kamu ketahui tentang laki-laki ini (Nabi Muhammad Shallaahu’alaihi wasallam)?’ Dia menjawab: ‘Dia adalah hamba Alloh ‘Azza wajalla dan Rasul-Nya, saya bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Alloh ‘Azza wajalla dan saya bersaksi bahwa Muhammad Shallaahu’alaihi wasallam adalah hamba Alloh ‘Azza wajalla dan Rasul-Nya.’ Lalu kedua malaikat mengatakan: ‘Kami telah mengetahui apa yang engkau katakan. ‘Kemudian kuburannya diluaskan tujuh puluh dziro’ (hasta) serta dijadikan terang didalam kuburnya.” (HR.at-Tirmidzi: 162 dan dishohihkan oleh Syeikh al-Albani dalam ash-Shohihah:1391)

Dampak Negatif Nonton Film Misteri atau Horor

Sering nonton film-film misteri atau horror baik di televisi, bioskop atau tempat-tempat lainnya, banyak dampak negatifnya dan berakibat buruk pada aqidah seseorang, terutama kalangan anak-anak yang gemar nonton televisi.

Diantaranya dampak negatifnya adalah mendangkalkan aqidah dan merasa takut kepada setan. Ini yang banyak menimpa anak-anak zaman sekarang. Karena sering menonton film misteri, pergi kemana-mana takut setan, hendak buang air kecil di malam hari minta diantar orang tuanya karena takut setan. Wal’iyadzubillah.

Imam ibnul Qoyyim Rohimahulloh berkata: diantara tipu daya musuh Alloh ‘Azza wajalla (Setan) adalah menakut-nakuti orang-orang beriman agar mereka tidak memeranginya, tidak memerintahkan kepada kebaikan dan tidak melarang dari kemungkaran. Alloh ‘Azza wajalla mengabarkan bahwa ini semua adalah tipu daya setan yaitu menakut-nakuti. Sedangkan Alloh ‘Azza wajalla  melarang kita takut kepada mereka. Oleh karena itu apabila iman seorang hamba kuat maka rasa takut kepada setan akan hilang. Namun, apabila imannya itu lemah maka rasa takut kepada setan pun akan menguat.” (al-Irsyad ila Shohihil I’tiqod:57)

Dan tidak jarang kegemaran menonton fim misteri akan menggiring menuju kemusyrikan terlebih jika mereka tidak memahami aqidah islam dengan benar. Karena orang-orang awam akan beranggapan bahwa setan, jin, atau makhluk halus lainnya berkuasa mutlak untuk mendatangkan bencana sehingga mereka merasa takut kepada jin sebagaimana takut mereka kepada Alloh ‘Azza wajalla, bahkan mungkin lebih kuat rasa takutnya kepada jin tersebut. Pada akhirnya, mereka melakukan ritual-ritual yang dianggap dapat menangkal baha jin dan gangguan roh-roh jahat, mislanya dengan memberikan sesaji ke tempat-tempat yang dikeramatkan dan membaca mantra-mantra syirik lainnya, berlindung pada jimat, yang semua ini adalah perbuatan syirik kepada Alloh ‘Azza wajalla.

Ibnu Abbas Rodhiyallahu’anhu berkata: “janganlah kalian terfitnah oleh setan dan jangan sampai ia memalingkan kalian dari mengikuti Rasululloh Shallaahu’alaihi wasallam dan membenarkan kalimatnya, sesungguhnya setan adalah penipu lagi pendusta.” (Tafsir Ibnu Katsir:3/60)

Dengan demikian, telah diketahui dampak negatif menonton film-film misteri yaitu mendangkalkan aqidah umat islam. Maka marilah kita tinggalkan aktivitas ini dan menjaga anak-anak kita agar tidak menonton film-film seperti ini karena akan berakibat buruk terhadap aqidah mereka. Allohu A’lam

Sumber: Buletin al-Furqon Volume 3 no. 4 (Rojab 1430 H)

dengan sedikit perubahan tulisan oleh ibnujafar86

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

Belum ada komentar.

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: