Kesehatan dan Pengobatan

Madu, Manis Dilidah Nikmat Ditubuh…


Masyaallah! Seorang ibu heran melihat luka bakar di kaki anaknya tidak melepuh seperti biasanya. Oleh suaminya luka bakar tersebut diolesi madu. Selain tidak melepuh, warna luka juga bersih tidak menghitam. Khasiat madu?!

Madu tentu bukan barang asing bagi kita. Bahan makanan yang bersumber dari alam ini telah lama digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Madu merupakan salah satu bahan makanan yang istimewa. Bukan sekadar untuk pemanis makanan atau minuman, lebih dari itu madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Madu Sebagai Obat

Seperti dirasakan Ook, 31 tahun, setelah seharian beraktivitas sorenya merasa sangat kelelahan. Oleh temannya dibuat ramuan terdiri dari sesendok madu dicampur air 450 ml kemudian dikocok sebanyak 300 kali. Beberapa saat badannya terasa lebih enak dan segar, hilang rasa loyonya. Dengan kehendak Allah madu memang menjadi sesuatu yang kecil dan manis, tapi khasiatnya luar biasa.

Secara tegas Allah menyatakan bahwa madu adalah obat yang berkhasiat bagi manusia. Allah berfirman,

“Dan tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarangsarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran tuhan bagi orang-orang yang memikirkan.” (An-Nahl:68-69)

Umumnya, madu memiliki rasa manis, nilai gizinya tinggi, dan sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Setiap orang dapat mengonsumsi madu, baik anak-anak, orang dewasa, maupun manula. Karena khasiatnya yang tinggi, banyak bahan makanan atau minuman lain yang dicampur dengan madu untuk mendongkrak gizinya. Penggunaan madu juga tidak terbatas sebagai bahan pangan, tapi dapat juga digunakan untuk tujuan lain. Sejak zaman dahulu, madu telah digunakan sebagai obat tradisional. Madu juga sering digunakan untuk perawatan tubuh dan kecantikan.

Sejak Zaman Baheula

Madu tidak hanya dikenal pada zaman kini, ribuan tahun telah digunakan oleh manusia. Pada saat itu, mungkin, madu merupakan satu-satunya “jenis gula” atau bahan pemanis yang telah dikenal, di samping sebagai obat. Pada zaman Firaun, madu telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Mesir sebagai minuman yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sesak nafas dan demam.

Pada saat itu madu telah diyakini mengandung zat yang memiliki kekuatan dalam melawan kuman. Karena itu, bangsa Mesir telah menggunakan madu sebagai bahan pengawet, termasuk mengawetkan mayat yang menjadi tradisi saat itu. Sebagai obat luar, bangsa Mesir kuno menjadikan madu sebagai ramuan bagi orang yang terkenan cramp (kejang). Madu dicampur dengan lilin lebah, biji-bijian, dan garam laut kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang kejang.

Beberapa catatan dari peninggalan Mesir kuno menunjukkan bahwa pada tahun 1553—1550 sebelum masehi, madu telah diresepkan untuk mengobati luka, merangsang pengeluaran kemih, dan mengobati sakit perut. Setidaknya pada saat itu bangsa Mesir kuno telah membuat lebih dari 900 resep pengobatan, 500 di antaranya dibuat dengan bahan dasar madu. Bangsa Cina pun telah menjadikannya sebagai resep untuk obat luka bakar.

Beberapa bangsa lain juga menggunakan madu untuk perawatan tubuh dengan mandi madu. Tujuannya untuk merawat kecantikan wajah dan kehalusan kulitnya, di samping untuk meningkatkan stamina dan vitalitasnya. Sebelum mengkaji manfaat madu, setelah pengenalan ini akan diulas tentang produk keluaran lebah selain madu, juga kandungan gizinya, insyaallah.

Khasiat dan Manfaat Madu Herbal. dr. Adji Suranto, SpA. Agromedia Pustaka. Jakarta 2004. Catatan Kuliah Institut Latihan Herba al-Wahidah (Intibah II). Surakarta. 2006

Sumber : Majalah al-Fatawa 02/10

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

2 thoughts on “Madu, Manis Dilidah Nikmat Ditubuh…

  1. wew. nice info😀

    Posted by SaniAgung | Senin, Mei 23, 2011, 11:50 am
  2. …. ada produk madu lainnya yang efektif untuk menjaga kesehatan yaitu propolis…. anda bisa mengunjungi blog saya untuk infonya…

    Posted by riza | Senin, Agustus 27, 2012, 2:56 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: