Fiqih Ibadah, Konsultasi

Mengatasi Ketinggalan Sholat Shubuh


Assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh
Ustadz, saya selalu tertinggal shalat jamaah shubuh , hingga saya kerjakan di akhir waktunya, terkadang saya mendengar adzan tetapi tidak langsung bangun karena merasa payah , letih dan malas. Maka bagaimanakah cara agar saya dapat mengatasi hal itu sehingga saya dapat mengikuti shalat jamaah shubuh merasa letih letih sekalipun?

Wa’alaikum salam warahmatullah wabarakaatuh

Saudaraku, anda harus menentukan tujuan anda dengan jelas, mengutarakannya, menulisnya di atas kertas, dan anda harus bertekat kuat untuk segera melaksanakannya, yaitu anda harus segera bangun dari tidur, dan segera shalat begitu mendengar suara adzan.

Jangan turuti kemalasan.menunda berarti memberi kesempatan kepada syaitan untuk membisikkan mantra sihirnya di hati anda. Ini termasuk penyakit taswif (menunda-nunda).
Ketahuilah bahwa dengan menyia-nyiakan kewajiban, maka tidak mustahil jika anda akan menyia-nyiakan perkara lain, dan anda tidak peka lagi terhadap nilai-nilai, sehingga anda tidak dapat membedakan mana perkara penting dan mana yang paling penting. Maka lakukanlah kiat berikut ini untuk mengatasi penyakit taswif-anda:

1. Mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan berputus asa dari rahmat Allah.

2. Kuatkan hubungan dengan Allah niscaya dibukakan untukmu kekuatan nurani yang dapat menerangi semua bagian-bagian waktu malam dan siang anda dan dapat memudahkan seluruh ihwal hidup anda.

3. Hindari begadang malam, terutama didepan layar televisi atau obrolan sia-sia bersama teman-teman anda anda Tidur di awal malam akan sangat membantu anda untuk dapat bangun tidur sedini mungkin.
4. Usahakan anda tidur dalam keadaan suci dan banyak berdzikir kepada Allah ( terutama dzikir-dzikir pengantar tidur).

5. Usahakan mengaktifkan jam dan programlah alarmnya sesuai jadwal waktu shalat , dan mintalah kepada orang lain untuk membangunkan anda ketika shalat, apakah keluarga atau sahabat dekat anda.

6. Buatlah ukuran dalam setiap amal anda, ” mendahulukan yang terpenting di atas yang penting.” Dan jadikanlah untuk anda satu syiar ” sekarang, sekarang bukan nanti .” Maka anda harus bangun shalat begitu mendengar suara adzan jangan menunda atau mengatakan ” saya akan shalat nanti saja.”

7. Hindari dan waspadai ungkapan-ungkapan orang yang mengidap penyakit taswif: “Saya akan bangun sebentar lagi , saya akan istirahat sebentar lalu bangun, waktunya masih panjang , Allah adalah Maha Pengampun dan Penyayang” dan lain sebagainya.

8. Hadirkan terus kesadaran dalam diri anda bahwa anda sedang menghadapi satu kewajiban besar dari kewajiban-kewajiban agamamu, dan jika anda sia-siakan pasti anda akan merugi di dunia dan akhiratmu. Ingat-ingatlah selalu pahala dan keutamaan yang disediakan oleh Allah untuk orang yang menjaga shalat, terutama shalat jamaah Shubuh dan Ashar.

Saudaraku yang tercinta, apabila anda menyadari agungnya shalat dan anda dapat menjahui penyakit taswif maka dengan idzin Allah anda dapat mewujudkan cita-cita anda, jadi bulatkanlah tekad anda semoga Allah membimbing anda.

Sumber: http://qiblati.com/mengatasi-ketinggalan-shalat-subuh.html

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

2 thoughts on “Mengatasi Ketinggalan Sholat Shubuh

  1. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatu.
    ustad sya mau bertanya tentang cara untuk memperbaiki shalat magrib , jika
    saya terlambat 1 atw 2 raka’at ! bgaimna cranya ustad

    Posted by jufri day | Rabu, Desember 12, 2012, 9:36 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: