Adab, Akhlak,dan Nasihat

Dialog 2 Hati…Bag 2 ( Akulah Sang Aktor)


Saudaraku, tengoklah diluar sana, berapa banyak anak muda seumuran kamu dan bahkan lebih muda darimu tewas dengan cara, waktu, dan tempat yang tidak disangka-sangka. Sedangkan orang tua, lanjut usia, bahkan sakit yang berkepanjangan masih berumur panjang?

Tidak ingatkah dengan hadits ini:

“…kemudian diutus kepadanya malaikat untuk meniupkannya ruh,  dan dia diperintahkan mencatat empat  kata yang telah ditentukan: rezekinya, ajalnya, amalnya, kesulitan atau kebahagiannya. (HR. Bukhari  No. 3208, 3332, 7454,  Muslim  No. 2643, At Tirmidzi  No. 2137, Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 15198, 21069,  Ahmad   No. 3624)

Mereka saja yang lemah, tidak hati-hati, dan miskin. Tidak kau lihat juga, orang miskin mati karena dilecehkan, apalagi orang lemah. Sedangkan kau begitu kuat, gagah, harta berlimpah. Kau bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Istri cantik? Mobil mewah? Semuanya bisa kau dapatkan.

Wahai saudaraku yang kucinta karena Alloh, lihatlah ke dalam hatimu. Tanyakan ke dalam hatimu, apakah selama ini kau merasakan kebahagiaan, ketenangan?apakah wanita-wanita dan minuman khamr yang engkau teguk selama ini membuatmu bahagia? Sekali-kali tidak..!!!

Bukankah Alloh mengingatkan kita dalam firman-Nya:

“Orang-orang yang beriman dan tenang tenteram hati mereka dengan zikir kepada Allah. Ketahuilah! Dengan zikir kepada Allah itu, tenang tenteramlah hati manusia.” (Surah Al-Ra’ad: 28)

Eeiitthh..Wahai sobatku. Tak ingatkah…dulu kamu adalah pemuda miskin, harga dirimu diinjak-injak.. dan sekarang kamu dengan susah payah tlah mendapatkan semuanya. Harta dan kekayaan, dan wanita-wanita cantik pun dengan mudah kau dapatkan. Bukankah itu impianmu dari dulu? Dengan kekayaan kamu bisa mendongak ke atas, tidak ada lagi orang yang berani menginjak-injak harga dirimu. Kamu  adalah bos. Semua tunduk terhadapmu. akankah kau tinggalkan semua ini..???

Saudaraku, semuanya berada ditanganmu. Kaulah pemegang keputusan tertinggi. Jika engkau, memilihku maka niscaya hatimu akan tenang, hidupmu jauh lebih tenteram, dan Alloh akan memberimu kebahagiaan hakiki, yaitu surga-Nya. Insyaalloh.

Sebaliknya, jika engkau memilih dia, hatimu semakin keras, kelam, dan pada akhirnya mati. Tidak ada kebahagiaan dalam hidupnya, kesengsaraan dan kesedihan terus menghiasimu. Bahkan mungkin Alloh akan memberimu kesengsaraan yang berlapis, yaitu Neraka-Nya. Kecuali Rahmat-Nya.

Perhatikan Ayat berikut ini:

“Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh mahfuzh).”  (QS. Ar Ra’du: 39)

“Barang siapa dunia itu sebagai tujuannya maka Allah akan cerai beraikan urusannya, Allah akan jadi kefakiran ada di depan kedua matanya. Dan dunia itu tidak datang kepadanya melainkan apa yang telah Allah tuliskan kepadanya. Dan barang siapa yang tujuannya itu akherat, maka Allah satukan urusannya, Allah akan cukupkan dalam hatinya, dan dunia itu akan datang padanya meskipun dia tidak mengharapkan” (HR. Ahmad)

Ibnul qoyyim menjelaskan : cinta kepada dunia tidak lepas dari 3 hal :  Kesedihan yang terus-menerus, Kelelahan yang terus-menerus, Dan kerugian yang tidak ada habisnya.

Kisah di atas bukanlah sebuah kisah nyata sehingga tidak ada ending didalamnya, tapi bukan tidak mungkin bisa menjadi kisah nyata. Betapa banyak kita saksikan di sekitar kita kejadian serupa. Apakah saudara kita, tetangga, atau bahkan ANDA sendiri. Tak perlu dijawab, tanyalah pada diri anda adakah kesombongan, adakah cinta dunia yang berlebih bersemayam di dalam diri anda. Semuanya anda yang bisa menjawab, anda yang menentukan, dan andalah yang memutuskannya sebelum terlambat.

KENAPA???

KARENA ANDALAH AKTOR di PANGGUNG SANDIWARA INI.

Iklan

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

Belum ada komentar.

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: