Seputar Puasa (Ramadhan)

Faedah Makan Kurma Ketika Berbuka Puasa


Rasululloh Shallallaahu’alaihi wasallam menganjurkan berbuka puasa dengan makan kurma. Jika tidak ada kurma, maka diganti dengan air. Ini adalah wujud kesempurnaan kasih sayang pada umatnya dan nasihat bagi mereka. Sebab memberi tubuh sesuatu yang manis di saat perut kosong sangat mudah diterima tubuh dan cepat menghasilkan kekuatan. Terutama sekali kekuatan pikiran. Di mana ia menyerap kekuatan darinya.

Sementara manisan kota Madinah adalah kurma. Mereka tumbuh besar dengan memakannya. Ia bagi mereka adalah makanan pokok sekaligus lauk pauk. Sedangkan kurma matang yang masih basah buah-buahan.

Adapun air, sesungguhnya hati (liver) akan sedikit mengering dengan sebab puasa, jika dibasahi dengan air, maka ia dengan mudah menerima makanan sesudahnya. Oleh karena itu, hal paling utama bagi yang kehausan dan kelaparan adalah memulai meminum sedikit air, setelah itu dilanjutkan dengan makan.

Demikianlah, ditambah lagi apa yang ada pada kurma dan air berupa kekhususan yang memiliki pengaruh dalam memperbaiki hati, di mana hal itu tidak diketahui kecuali oleh para dokter hati.

Makanan Beliau Shallallaahu’alaihi wasallam Ketika Berbuka Puasa

Beliau Shallallaahu’alaihi wasallam berbuka puasa sebelum melakukan shalat maghrib.
Adapun makanan berbuka puasa beliau s adalah kurma basah jika ada, bila tidak ada maka kurma kering, dan bila tidak ada maka beberapa teguk air.

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

Belum ada komentar.

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: