Tazkiyatun Nufus, wala' wal bara'

Metode Ke-4: Melakukan Tipu Daya


Allah berfirman:

 “Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka, yang dilaknati Allah dan setan itu mengatakan: “Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Allah), lalu benarbenar mereka merobahnya”. Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan anganangan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.” (QS An-Nisa [4] : 117-120)

Syaithan tidak datang kepada manusia hanya sekedar maksud menggelincirkan mereka dari Islam, namun dia melakukannya secara bertahap, dengan tingkatan-tingkatan.

Adapun bagi pemuda yang memelihara janggutnya dan mengikuti shalat jamaah dan menghadiri manjelis-majelis ilmu, syaithan akan dating kepadanya dan berkata: “Cukurlahlah janggutmu sedikit,” maka pemuda tersebut menjawabnya dengan mencukur (sedikit) janggutnya. Kemudian syaithan datang kepadanya dan berkata; “Apakah kamu lupa bahwa memelihara janggut hanya sunnah saja, kamu akan diberi pahala jika melakukannya, tetapi kamu tidak akan mendapat hukuman jika tidak melakukannya dan meninggalkannya?” Maka pemuda itu mencukur habis janggutnya.

Adalah benar bahwa (memelihara) janggut adalah wajib dan mencukurnya adalah dosa. Semua Imam yang empat sepakat bahwa mencukur janggut adalah dosa dan pelanggaran terhadap Allah dan Rasul-Nya. Maka syaithan datang kepada para pemuda dengan metode yang demikian.

Kemudian syaithan berkata kepada pemuda itu; “Apakah kamu lupa bahwa shalat sunnah itu lebih baik dilaksanakan di rumah daripada di Masjid?” lalu pemuda itu meninggalkan shalat berjamaah manakala mengetahui bahwa itu adalah kewajiban dan meninggalkannya adalah dosa besar. Maka syaithan datang kepadanya dengan cara ini sampai pemuda tersebut meninggalkan seluruh shalatnya lalu menjadi tentara dari tentara Iblis.

Demikian juga, syaithan datang kepada wanita muda yang berhijab, dan berkata; “Apa yang engkau lakukan terhadap dirimu? Khimar dan cadar yang menutupi wajahmu ini hanya untuk musim panas. Maka janganlah khawatir mengenai itu semua, lepaskanlah cadar dan khimarmu dan kenakan saja hijab tanpa niqab.” Lalu dia mengikuti ajakan syaithan, kemudian syaithan berkata kepadanya; “Jika engkau menanggalkan jilbab ini dan mengenakan yang jilbab kecil, engkau akan terlihat lebih baik dan lebih cantik”, kemudian setelahnya syaithan akan berkata kepadanya. “Jika kamu menampakkan sedikit dari rambut dan kepalamu, sampai engkau menikah, dan setelah itu barulah kenakan hijab (jilbab)”. Syaithan menampakkan baik hal-hal ini. Maka berhati-hatilah terhadap syaithan!

Ikhwani fillah. Apakah syaithan melanggar tubuh manusia dengan sentuhan atau pukulan? Dapatkan syaithan menyebabkan kebakaran di rumah seseorang? Dapatkah syaithan (melakukan) melanggar isteri seseorang? Kita akan menemukan jawabannya, insya Allah, pada jamaah berikutnya, jika kita diberikan kesempatan.

Ya Allah, pahamkanlah kepada kami agama kami.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat.

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

Belum ada komentar.

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: