About Islam, wala' wal bara'

Pusing mikiran hutang, Tanda Dompet Bermasalah


Hutang bisa mencekik siapa saja, mau orang kaya ato orang miskin tak lepas dari jerat hutang. orang kaya terkadang malas untuk membeli suatu barang secara tunai. Mereka lebih suka membeli secara kredit.

Berbeda dengan orang miskin. Mereka terpaksa berhutang karna himpitan ekonomi yang begitu sulit. Anehnya, dia berhutang ke para rentenir karna …tak ada sanak saudara yang mau memberinya pinjaman. Ibarat kata pepatah “Sudah jatuh Tertimpa Tangga pula..”

Bahkan sebagian dari mereka terpaksa meminjam uang ke bank. Langkah seperti ini diibaratkan “Menyeberang Tapi Kudu Lewat Jurang..”. hutang terpecahkan tapi “Bunga Bank” menjadi masalah baru baginya.

Maka jangan sekali-kali anda meminjam uang ke bank, seberapapun sulitnya masalahnya dan sebesar apapun hutang anda. Karna selain menambah beban, juga mendapatkan laknat dari Allah.

Jabir radhiallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang memberikan/membayar riba (nasabah), penulisnya (sekretarisnya), dan juga dua orang saksinya. Beliau juga bersabda, ‘Mereka itu sama dalam hal dosanya.’” (H.R. Muslim)

Atau terkadang sebagian orang melakukan “Gali lubang tutup lubang..” Hutang lunas tapi kembali berhutang kepada yang lainnya dalam waktu bersamaan.
Tidak akan pernah beres masalahnya. Akhirnya jika iman sudah melemah, setan akan mengusik hatinya dan Ia berbuat nekat untuk “Bunuh Diri” dengan cara apapun.

Maka janganlah sekali-kali mengambil jalur hutang jika merasa dirinya mampu. Pikirlah matang-matang sebelum berhutang pun lebih khusus bagi orang yang kesulitan dalam ekonomi. Karna terkadang sebgian orang akan menunda melunasi hutangnya dengan alasan yang dibuat-buat.

“Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah no. 2410. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR. Ibnu Majah no. 2414. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Jika sudah terlanjur berhutang, janganlah mengambil jalur yang dibenci Allah. Ingatlah bahwa Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri selalu meminta pada Allah perlindungan dari banyak utang dengan doanya:

” ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINALHAMMI WAL HAZNI, WAL’AJZI WAL KASALI, WAL BUKHLI, WAL JUBNI WADHALA’IDDAYNI, WAGHALABATIRRIJAALI.”

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kesusahan dan kesedihan, kelemahan, kemalasan, sifat kikir, pengecut, lilitan hutang, dan dikuasai orang lain. (HR.Al Bukhari 6363)

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

4 thoughts on “Pusing mikiran hutang, Tanda Dompet Bermasalah

  1. ternyata ngutang ke bank itu dosa yah.., tapi kredit itu banyak membantu juga sebenernya.. mulai dari kredit rumah, kredit motor, kredit usaha dll.. hehe.. salam kenal aja deh!

    Posted by inmarsat | Selasa, Mei 1, 2012, 8:25 pm
  2. ada ga orang kaya islam yang mau pinjemin uang.dalam hal uang tak ada muslim bersaudara

    Posted by marman | Selasa, Desember 24, 2013, 8:36 pm
  3. alhamdulillah hamba banyak hutang,,,agar belajar bersyukur dan selalu mendekatkan diri kepada Alloh Swt

    Posted by nova nasrulloh | Jumat, Maret 28, 2014, 2:53 pm

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: