BAB KESALAHAN MAKMUM

Menanti shalat dengan obrolan atau senda gurau


Lembaga Ulama Saudi Arabia ditanya:

“Banyak kita jumpai sebagian orang setelah shalat Maghrib mereka tidak segera pulang, mereka menanti shalat Isya’. Namun di tengah penantian ini mereka ngobrol, berbincang-bincang masalah dunia, bahkan kadang kala mengambil radio untuk mendengarkan warta berita, bolehkah perbuatan ini?”

Mereka menjawab:

“Tidak boleh. Berdasarkan surat An-Nur 36-38 bahwa masjid diperuntukkan untuk dzikir, shalat, membaca Al-Quran dan menyampaikan ilmu dinul Islam”. (Lihat Fatawa Allajnah Ad Daimah: 6/279)

Meninggalkan shalat tahiyatal masjid

Menurut sunnah, apabila seseorang masuk masjid sebelum imam hadir, hendaknya tidak segera duduk. Tetapi menjalankan shalat dua rakaat terlebih dahulu, yaitu shalat tahiyatal masjid. Dalilnya, dari Abu Qatadah As-Sulami sesungguhnya Rasulullah bersabda:

Apabila salah seorang di antara kamu masuk masjid, hendaklah shalat dua rakaat sebelum ia duduk. (HR. Bukhari: 444; Muslim: 714)

 

 

 

About Admin

di dunia yang penuh dengan syubhat dan fitnah, ana menjadi orang yang terasing. semula ana berasal dari pulai terasing yaitu pulau madura dan sekarang berada di bumi yang penuh fitnah dan syubhat

Diskusi

Satu respons untuk “Menanti shalat dengan obrolan atau senda gurau

  1. assalamualaikum,,, min di ane sering kaya gtu, tpi pling cma ngbrol tdk smpai mmbawa radio dsb,,,ktka cba ngbrol ke ustadz ama masyarakat dsana jwbannya kata mereka biasanya kalau tidak diam dsana mereka ska aga malas brgkt lgi k msjdnya jdi mnding ngbrol l d msjid sja, dan emg trbkti klo mgrb 3 shaf isa bsa jdi 1 shaf saja dan diisi ama org2 yg ngbrol tdi,,,, itu kra2 gmna min?

    Posted by amka | Senin, Januari 14, 2019, 11:05 am

Berkomentarlah dengan sopan dan beradab. Komentar yang tidak beradab maka akan dihapus. no Bashing...!!!. Syukron